BBM naik tinggi, susu tak terbeli..  

Kalau kita mendengar kembali Lagu Iwan Fals yang berjudul Galang Rambu Anarki (anak Om Iwan yang telah Meninggal), maka relevansi lagu tersebut dengan keadaan sekarang masih sangat Relevan. Lihat saja dibeberapa Media mengatakan bahwa harga minyak mentah naik hingga kisaran US$100 per Barrel. Tentu saja kenaikan tersebut mempunyai efek Domino yang sangat serius bagi kenaikan ongkos Transportasi yang mengakibatkan naiknya sejumlah Barang. Kenaikan Minyak mentah dipasar Internasional nampaknya masih dihadapi dengan kebijakan Pemerintah yang belum menaikkan Harga BBM secara resmi. Pemerintah berusaha mensiasati dengan beberapa kebijakan, seperti smart card, pembatasan pembelian BBM, untuk konsumsi Publik. Tapi untuk Industri, sepertinya harga BBM sudah naik mengikuti harga pasar. PLN sebagai perusahaan BUMN yang menangani masalah Listirk juga kedodoran, dan menyodorkan Pemberlakuan Tarif Insentif dan Disinsentif kepada masyarakat dengan dalil penghematan, namun kebijakan PLN itu sangat tidak masuk akal.! (saya males nulisnya disini..!)

Kemudian masalah Susu untuk anak...(bukan buat bapak..!) Saya sering sekali mendengar Pasangan keluarga yang mengeluhkan tentang Harga susu Formula yang sangat mahal dan menyedot anggaran belanja mereka. Lalu apakah Susu formula tsb sangat penting sekali untuk anak balita..? sehingga mengantikan peran ASI.? Sudah tidak terbantahkan lagi kalau ASI itu jaauuuhh lebih baik dari Susu Formula, bahkan iklan2 yang bertebaran di media bahwa susu formula A, B atau C mengandung DHA, AA dan lain2 ternyata itu semua ada dalam ASI. Bahkan kelebihan DHA bisa menyebabkan efek yang tidak baik. Dijelaskan dokter spesialis anak sub bagian gizi dan metabolik bagian ilmu kesehatan anak FKUI, RSCM, Dr Sri Nazar SpA(K), kelebihan AA/DHA dalam makanan bayi justru bisa menyebabkan anak kehilangan daya imunisasi tubuh. Selain itu, kelebihan zat ini juga bisa menyebabkan darah lebih encer hingga masa pendarahan lebih lama dan daya tahan tubuh menurun.

Berdasarkan jurnal Seksologi, Susu Ibu jauh lebih ungggul dibandingkan Susu Formula atau Susu Instan, alasannya :

1. SUSU IBU JAUH LEBIH HIGIENIS, KARENA TIDAK PERLU DISIMPAN DENGAN WADAH KHUSUS TETAPI TETAP STERIL
2. LEBIH EKONOMIS, KARENA TIDAK PERLU BELI LAGI SUDAH ADA SECARA NATURAL
3. TERSEDIA KAPAN SAJA, TIDAK AKAN HABIS-HABIS
4. KANDUNGAN GIZINYA SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN, DAYA TAHAN TUBUH DAN KECERDASAN ANAK
5. CEPAT SAJI, TINGGAL DIBUKA SIAP DIMINUM ANAK
6.SECARA PSIKOLOGIS MENDEKATKAN IBU DAN ANAK
7. KEMASANNYA MENARIK.

Ditambah lagi tentang adanya bakteri "Enterobacter sakazakii" pada SUSU Formula, hendaknya para Ibu yang mengunakan Susu Formula segeralah berpikir untuk menyusui anaknya dengan ASI. Dan para Orang Tua tidak perlu Khawatir jika bayinya tampak lebih "kurus" dibanding dengan bayi yang mengunakan SUSU Formula. Yang penting bayi akan jauh lebih sehat jika mengunakan ASI.