Jangan terjebak oleh nama domain Anda sendiri  

Bagaimana Nama domain Anda dapat menjebak Anda, jika Anda tidak memilihnya dengan tepat ?

Memilih nama domain yang bagus untuk blog Anda atau website untuk keperluan bisnis anda adalah hal yang amat penting. Mengapa ? Karena nama domain merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi merek Anda. Kedua, nama domain juga memiliki beberapa dampak pada search engine optimization anda (misalnya, jika nama domain tersebut mengandung kata kunci utama Anda) dan pada direct traffic Anda (misalnya, jika nama domain anda sulit di-eja, beberapa orang akan mengingatnya).

Salah satu kesalahan umum yang sering dibuat ketika memilih sebuah nama domain adalah dengan hanya mempertimbangkan jangka pendek. Artinya, mereka tanpa sadar memproyeksikan situs web mereka hanya terbatas pada waktu tiga atau empat bulan kedepan, dan mereka membeli nama domain disekitar gagasan tersebut.

Mari ambil sebuah contoh tentang seorang pria yang menyukai Motor Honda 70, dan dia memutuskan untuk memulai sebuah blog pada topik tersebut. Setelah meneliti selama beberapa saat, ia membeli nama domain honda70.com. Ini adalah nama domain yang baik, karena pendek, deskriptif, memiliki kata kunci utama di dalamnya dan sebagainya.

Blog tumbuh sehat dan banyak pengunjung, tapi setelah satu tahun mencapai sebuah dataran yang stabil. Pria itu menyadari bahwa untuk membuat blog tumbuh lebih jauh dia akan perlu untuk mulai menulis motor-motor antik lainnya, dan tidak hanya Honda70. Coba tebak apa yang terjadi ... terlambat! Dia sudah terjebak dalam nama domain tersebut. Pria itu dihadapkan dengan dilema, untuk terus menulis tentang motor Honda70 saja dan menerima kenyataan bahwa pengunjung web akan terbatas pada penggemar motor itu saja, atau membeli nama domain baru dan mulai menggarap sebuah blog yang lebih luas cakupannya dari awal.

Jika Anda tidak ingin terjebak dengan nama domain Anda, Anda harus merencanakan lebih hati-hati ke depan. Tanyakan pada diri sendiri seberapa jauh Anda memerlukan sebuah website dengan nama domain Anda sendiri atau berencana untuk membelinya. Apakah keterbatasannya jika anda miliki..?

Membuat website dengan kategori yang spesifik bukanlah ide yang buruk, tetapi Anda harus menyadari bahwa website itu memiliki potensi keterbatasan di masa depan. Jika Anda ingin membuat bisnis dari situs Web atau blog, maka nama domain tidak boleh dibatasi oleh kategori yang sempit atau segmen pasar.

3 komentar: to “ Jangan terjebak oleh nama domain Anda sendiri